Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Nasi Kuning Rice Cooker Lengkap

Resep Nasi Kuning Rice Cooker Lengkap - Nasi Kuning atau nasi yang Identik dengan sebutan nasi tumpeng adalah makanan khas jawa yang sangat di gemari oleh seluruh masyarakat di indonesia, biasanya nasi kuning dibuat saat ada acar yang skral atau acara pesta dalam adat jawa. makanan ini telah masuk warisan kliner budaya indonesia karena sejak jaman dahulu nasi tumpeng masih tetap exsis dalam dunia perkulineran hingga saat ini.

Nasi kuning Selain Unik bentuk dan warnanya ternyata memiliki cita rasa yang enak dan gurih, tapi untuk membuat nasi kuning menjadi makanan yang lezat dan nikmat anda harus tau resep cara membuat nasi kuning rice cooker dengan lengkap, tanpa anda tahu resep dan caranya, anda tidak akan bisa membuat nasi tumpeng menjadi makanan yang begitu nikmat saat di santap. 

Untuk membuat nasi kuning lebih praktis kita bisa menggunakan rice cooker atau magicom yang dimana nasi akan di masak seperti memasak nasi biasa, namun tenang saja cara ini tidak akan merubah rasa dengan pembuatan nasi tumpeng manual. dengan menggunakan rice cooker akan jauh lebih praktis, simple dan cepat. untuk lebih jelasnya lagi anda bisa melihat Resep Nasi Kuning Rice Cooker Lengkap dengan cara pembuatannya di bawah ini.

Resep Bahan Nasi Kuning/tumpeng :
  • 1 kg beras pandan wangi PureGreen
  • 500 ml santan kental kalengan
  • Air secukupnya
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 4 lembar daun salam
  • 1 batang sereh
Resep Nasi Kuning Rice Cooker Lengkap

Resep Cara membuat Nasi Kuning Rice Cooker:
  1. Cuci beras terlebih dahulu, lalu masukkan santan, garam, & kunyit bubuk. Aduk hingga rata, lalu masukkan air sesuai dengan kebutuhan.
  2. Masukkan daun jeruk, daun salam, dan sereh lalu hidupkan rice cooker. Tunggu sampai matang, kurang lebih sekitar 30 menit.
  3. Setelah tanda lampu pada rice cooker/magicom menyala hijau berarti telah selesai, segera buka tutup rice cooker, lalu aduk rata. Proses pengadukan ini agar hasil nasi kuning menjadi seperti kita memasaknya secara manual, berbentuk butiran-butiran lepas tidak padat. Tutup kembali dan biarkan di dalam degan rice cooker masih menyala selama kira-kira 10 menit agar nasi lebih tanak, sebelum siap dihidangkan.
  4. Sajikan dengan  bahan pelengkap nasi kuning seperti sayur urap dan aneka lauk yang bisa disiapkan terlebih dahulu.
Itulah Cara memasak nasi kuning dengan lengkap dan praktis, semoga para ibu bisa membuatnya di rumah saat ada acar penting yang mengharuskan membuat nasi tumpeng cepat saji. hal yang penting dalam pembuatan nasi tumpeng anda harus menyediakan bahan atau makanan pelengkap lainnya, untuk melihat aneka resep nasi lainnya anda bisa melihat di bawah ini.