Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur Paling Populer Di Indonesia

6 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur Paling Populer Di Indonesia - Berikut ini adalah masakan tradisional asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sedang di gandrungi para pecinta kuliner seindonesia. untuk mencicipinya anda bisa sekalian berwisata ke nusa tenggara timur. disana selain anda menikmati makanan khasnya, anda juga bisa menikmati keindahan alam wisata nusa tenggara timur.

6 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur Paling Populer Di Indonesia

1. Sayuran Rumpu Rampe Khas Khas Nusa Tenggara Timur
Sayuran Rumpu Rampe Khas Khas Nusa Tenggara Timur
Sayuran Rumpu Rampe mirip sekali dengan Tumis Bunga Pepaya, merupakan sayuran dari bunga Pepaya ditambahkan dengan daun Pepaya muda yang diiris tipis-tipis, akan lebih nikmat dengan dicampur cabe merah dan cabe hijau (rawit).

2. Tumis Bunga Pepaya Makanan Khas NTT
Tumis Bunga Pepaya Makanan Khas NTT
Tumis Bunga Pepaya memang favorit penduduk NTT. Sangat mudah menemukan makanan yang menggunakan bahan bunga pepaya di NTT. Banyak orang kurang begitu suka dengan Tumis Bunga Pepaya dikarenaan rasa nya yang pahit, rasa pahit dari bunga pepaya ini bisa dihilangkan dengan cara memberi nya garam terlbih dahulu dan aduk hingga rata, setelah diaduk dengan garam, biarkan sejenak. Kemudian cuci bersih dengan menggunakan air yang mengalir hingga bersih.

3. Jagung Bose Khas NTT Makanan Ringan Khas Ntt
Jagung Bose Khas NTT Makanan Ringan Khas Ntt
Salah satu makanan khas NTT adalah Jagung Bose. Seperti kita ketahui penduduk Indonesia menjadi nasi dan jagung sebagai makanan pokoknya. Keduanya memiliki karbohidrat sebagai kandungan gizi paling tinggi. Jagung banyak diolah sebagai makanan pokok oleh masyarakat NTT. Berbeda dengan nasi yang biasanya hanya dimasak begitu saja. Bagi masyarakat NTT, jagung bisa dioleh sedemikian rupa sehingga menjadi makanan khas Nusa Tenggara Timur yang enak. Kalau sobat mau membuat Jagung bose, perlu siapkan kesabaran karena prosesnya tidak sebentar. Racikan bumbunya yang pas dan enak membuat jagung bose menjadi sajian yang ditunggu-tunggu

4. daging se'i kupang' NTT
daging se'i kupang' NTT
Daging se’i atau daging asap khas NTT memiliki cita rasa yang khas dan bisa bertahan cukup lama tanpa disimpan di lemari es. Kata se’i sendiri asalnya dari daerah pula Rote yang artinya dging tipis diris memanjang. Daging sei dibuat dengan cara menggantung daging sapi yang sudah diiris dan dilumuri bumbu serta garam diletakkan diatas sehingga terus terterpa asap dari pembakaran arang dan daun kesambi. Proses pengasapannya sendiri berlangsung berjam-jam sehingga menjadi daging asap yang sempurna. Kalau sobat mau mendapatkan daging se’i asli NTT bisa ke Jalan Tim Tim, Kupang, tepatnya di rumah makan Tanjung.

5. kolo makanan RIngan khas ntt
kolo makanan khas ntt
Kolo adalah makanan Khas Manggarai NTT. Makanan tradisional NTT ini memiliki cita rasa asli Nusa Tenggara karena diolah dengan cara alami dari bahan dasar alami juga. Kolo adalah sejenis nasi bakar khas NTT. Nasi kolo NTT bukan hanya dibakar tapi diberi racikan bumbu tertentu sehingga ketika dibakar menghasilkan aroma dan rasa yang enak. Cara memasaknya pun unik, semua bahan seperti beras, bumbu masakan dan air dimasukkan ke bambu yang sudah disiapkan.

6.Manggulu Makanan ringan Khas NTT
Manggulu Makanan ringan Khas NTT
Makanan khas NTT terakhir yang kami informasikan untuk sobat adalah manggulu. Kuliner khas NTT ini berasal dari kabupaten Sumba Timur. Manggulu merupakan makanan tradisional NTT karena sudah ada sejak nenek moyang orang NTT ada, hingga saat ini terus menerus dilestarikan. Manggulu rasanya manis berbentuk menyerupai dodol tapi kecil

Ituilah  6 makanan Khas nusantara Tenggara Timur Yang Paling populer saat ini di indonesia, jika anda ingin mencicipinya anda bisa sekalian berwisata ke Nusa tenggara timur.