Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara vespa super biar kenceng untuk harian

 Hallo, Masbro, selamat datang kembali dan selamat membaca di blog vespaindonesia.net yang mana kali ini saya akan membahas bagaimana cara biar vespa menjadi irit bakar alias tidak boros. Namun sebelum mengupas bagaimana cara agar vespa menjadi irit bahan bakar/ tidak boros, alangkah baiknya kita mengenal vespa terlebih dahulu;


Vespa merupakan kendaraan roda dua tipe skuter yang menggunakan mesin dengan 2 langkah atau umumnya disebut 2 tak, artinya vespa harus menggunakan bahan timbal dalam bahan bakarnya atau lumrahnya disebut oli samping. Vespa itu sendiri memiliki isi silinder yang cukup besar, yaitu: 150cc, yang tentunya sangat besar dibanding dengan varian skuter lainnya.

Dalam buku petunjuk tentang komponen-komponen dan bahan bakar vespa yang pernah saya baca, vespa memiliki kemampuan kecepatan standarisasi pabrik maksimal 110km/ jam dengan kosumsi bahan bakar yang mana perliternya mampu menempuh jarak 40/ 50km, tentu vespa ini cukup irit bukan untuk kendaraan 2tak yang memiliki cc 150.

cara vespa super biar kenceng untuk harian

Namun seiring bertambahnya usia vespa dan banyak komponen-komponen vespa yang sudah tidak layak pakai dan masih digunakan dalam mesin vespa bisa berdampak buruk bagi mesin vespa itu sendiri, seperti laher-laher oblak, seher longgar, seal dan lain-lain, namun pada bahasan kali ini saya bakal menyoroti bagaimana cara agar vespa tidak boros alias vespa menjadi irit bahan bakar. Yuk ah simak:

Tips Agar Vespa Irit Bahan Bakar 

1. Repair kit Karburator
Jika vespa masbro boros dan masbro ingin kembali vespa masbro menjadi irit, gantilah part bagian ini, yang mana repair kit ini memang dispesifikasikan terhadap jenis vespa masbro. Misalnya Vespa masbro PX maka belilah repair kit vespa PX, Jangan asal mengecilkan spuyer dengan memukul-mukul ujung spuyer, nanti malah setingan vespanya makin ambyar. Bila masbro kebingungan tentang repair kit, baiknya konsultasikan dengan mekanik masbro.

2. Ukuran Seher
Sejauh pengalaman saya untuk ukuran seher vespa dalam katagori maksimal nyaman adalah 1 2 3 4 dan 5M, setelah itu, baik 6 7 8 9 10M sudah mengalami sedikit getaran berlebih dan boros bahan bakar. Sebab, semakin bersar ukuran seher, maka semakin banyak pula bahan bakar yang dikonsumsi. Bila masbro tidak mau ambil pusing, gantilah boring vespa masbro dengan boring yang ukuran sehernya kecil.

3. Isapan   
Untuk di bagian ini saya tidak akan menjelaskan panjang lebar, masbro langsung saja buka halaman ini: Cara Benerin Isepan Vespa cara ini bisa kalian terapkan di berbagai vespa