Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12+ Macam Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer

12 Macam  Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer - Pernahkah anda mencoba resep  masakan dari jawa? kami rasa anda pasti sudah merasakannya, namun masih banyak menu makanan khas jawa tengah yang belum pernah anda coba, menu makanan ini mungkin hanya sering di makan oleh orang jawa saja, walupun begitu sebenarnya makanan ini sangat enak dan patut untuk kita coba, jawa memang memiliki berbagai aneka resep masakan khas yang begitu populer dan unik, selain memiliki cita rasa yang beragam di indonesia sendiri sangat banayk sekali resep-resep masakan yang telah mendunia.

Kali ini kita akan mengenal Berbagai macam menu masakan khas jawa tengah yang lasris dan sangat populer di nusantara, mau tau apa saja makanan asal jawa tengah yang sekarang ini menjadi makanan yang populer di indonesia? berikut ini kita sajikan 12 macam masakan jawa tengah yang sedang naik daun.

12. Mangut Beong khas Kota Magelang
Mangut Beong khas Magelang-12 Macam  Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer 
Masih Tentang menu masakan khas Magelang, yaitu mangut beong. makanan ini Sejenis ikan lele tapi bukan lele, Hidupnya ikan beong di sungai-sungai yang merupakan ikan khas sungai progo. Jika dirasakan, daging ikan beong kurang lembut dan tidak mudah hancur. tapi ikan beong sangat kaya akan kandungan protein. jika anda ingin mencoba mangut ikan beong khas Kota Magelang, langsung saja ke sekitar borobudur-salaman, yaitu desa Bumen, kelurahan Kembanglimus. dan disana juga terdapat berbagai macam menu masakan jawa tengah lainnya yang lezat juga populer.

11. Sroto Khas Kota Purbalingga
Sroto Purbalingga-12 Macam  Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer
Sroto adalah sebutan untuk makanan soto karena ini makanan yang khas dari purbalingga jadi orang purbalingga menyebutnya sroto, sroto purbalingga memang memiliki cita rasa yang sangat berbeda sekali dengan makanan soto lainya. dan salah Satu ciri khas dari sroto Purbalingga adalah taburan kacang dan kerupuk putihnya. Oleh karena itu ada satu jenis Sroto Purbalingga yang paling terkenal adalah Sroto Kriyik, karena saat dimakan bunyi kriyik-kriyik.

10. Tempe Mendoan khas Kota Banyumas
Tempe Mendoan khas Banyumas-12 Macam  Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer
Siapa orang jawa yang tidak mengenal makanan yang satu ini, jangan ngaku kalo anda orang jawa, jika tidak tahu masakan khas ini, Mendoan adalah makanan khas Jawa Tengah dari daerah Banyumas. Banyumas yang juga terkenal dengan tempat wisata alam Baturadennya, Mendoan sendiri dibuat dari tempe yang cukup lebar, kemudian di beri bumbu seperti halnya memasak tempe dengan tepung biasa, namaun saat anda menggoreng agar menjadi tempe mendoan anda harus mengangkatnya sebelum tempe itu berwarna kuning atau terlihat kering seperti biasa. biasanya tempe mendoan di sajikan dengan sambal atau cabe rawit untuk cemilan  saat ngopi dan minum teh.

9. Tahu Susu Khas Kota Boyolali
Tahu Susu Khas Boyolali-12 Macam  Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer
Boyolali adalah kota yang terkenal dengan susunya. Susu sebagai komoditas utama di daerah Boyolali, sehingga jangan heran jika banyak olahan yang berbahan dasar susu seperti tahu susu salah satunya. tahu susu di buat dengan susu induk sapi yang baru melahirkan sehingga susuya mudah mengental saat di kukus.

8. Telur Asin Khas Kota Brebes
12 Macam  Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer-Telur Asin Khas Brebes
Jika anda berkunjung ke Brebes anda akan menemukan banyak sekali telur asin yang di jual di toko-toko Di sepanjang jalan pantura di daerah Brebes, itulah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Brebes. Brebes memang menjadi salah satu sentra penghasil telur bebek terbesar yang ada di Jawa Tengah. Ternyata selain rasanya yang gurih dan enak, telur asin juga kaya akan manfaatnya bagi kita seperti protein dan vitamin. telur asin ini juga cocok untuk menemani perjalanan anda saat ingin berwisata di jawa tengah.

7. Brekecek Khas Kota Cilacap
Brekecek Khas Cilacap-12 Macam  Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer
Mungkin dari namanya terdengar sangat aneh, tapi jika anda sudah mencobanya, anda pasti akan minta lagi dan lagi coba buktikan saja jika tidak percaya. Brekecek sendiri adalah makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Daerah Cilacap. Cilacap yang juga terkenal dengan Teluk Penyu sebagi tempat wisata bahari dan Nusakambangan sebagai rutan, memang terkenal akan hasil lautnya. Brekecek sendiri terbuat dari bahan utama ikan pathak atau ikan jahan. jika kalian pernah mencoba makanan rica-rica rasanya hampir sama seperti itu.

6. Sup Senerek Khas Magelang
12 Macam  Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer-Sup Senerek Khas Magelang
Sup Senerek adalah makanan khas Jawa Tengah dari daerah Magelang. konon, resep sup senerek ini sudah ada sejak zaman penjajahan belanda. Kuliner ini memang khas sekali untuk di daerah yang dingin seperti Magelang dan paling enaknya lagi kalau disantap selagi panas anda bisa temukan sup senerek di rumah makan-rumah makan di sekitaran kota maggelang.

5. Dawet Ireng Khas Purworejo
Tahu Petis khas kota Semarang-12 Macam  Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer
Dawet ireng adalah salah satu minuman khas Jawa Tengah dari daerah Purworejo. Berbeda dengan es dawet pada umumnya yang mayoritas berwarna hijau, sesuai dengan namanya dawet ini berwarna ireng/hitam warna hitam pada dawet ini adalah dari bahan alami  berupa bubuk hasil pembakaran jerami dan di campurkan dengan cendol  dan tentunya sudah di olah dengan benar. untuk masalah rasa anda tidak usah ragukan lagi, rasa dawet ireng sangat lezat dan nikmat, jadi dawet ireng menjadi minuman khas jawa tengah yang populer saat ini.

4. Tahu Petis khas kota Semarang
Tahu Petis khas kota Semarang-12 Macam  Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer
Tahu petis adalah makanan khas dari Jawa Tengah tepatnya dari kota Semarang. Tahu petis bisa kita hidangkan untuk lauk atau sebagai cemilan. Bisa dinamakan tahu petis karena berbahan dasarkan tahu pong goreng dan disajikan dengan bumbu petis berupa saus hitam.

3. Sego Liwet Khas Kota Solo
Sego Liwet Khas Solo-12 Macam  Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer
Sego Liwet atau juga nasi liwet biasa anda temukan di daerah Solo Jawa Tengah. Makanan satu ini sangat khas di Solo, terbuat dari bahan utam  beras yang diliwet yaitu dimasak dengan menggunakan santan, garam, serai dan diberi daun salam. Ditambah lagi dengan berbagi macam lauk berupa ayam dan telur yang akan melengkapi kenikmatan masakan sego liwet khas solo jawa tengah.

2. Sambel Lethok Khas Kota Boyolali
Sambel Lethok Khas Boyolali-12 Macam  Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer
Sambel lethok atau sambel tumpang adalah sambel yang dibuat dari bahan tempe yang hampir busuk. sambal lethok adalah sambal khas boyolali jawa tengah.


1.Nasi Grombyang Khas Kota Pemalang
Nasi Grombyang Khas Pemalang-12 Macam  Menu Masakan jawa Tengah Yang Laris Dan Populer
Nasi grombyang adalah menu makanan khas dari daerah Pemalang. Dinamakan dengan grombyang karena saat di hidangkan airnya banyak ketimbang isinya atau dalam istilah dari kota Pemalang disebut dengan grombyang-grombyang. Untuk kalian yang belum tahu tentang Nasi grombyang itu seperti soto atau rawon.

Setelah Sedikit menjelaskan tentang Ke 12 Macam menu masakan khas jawa tengah, rasanya kita juga ikut lapar nih hehehe,semoga dengan adanya artikel ini kita bisa lebih mengenal masakan nusantara yang ternyata memiliki rasa yang tidak kalah dengan masakan luar negeri lainnya, banyak orang luar negeri yang telah mengakui, bahwa masakan dari indonesia memiliki cita rasa yang khas dan sangat lezat, jadi sebagai warga indonesia kita harus bisa memasak makanan khas daerahnya masing-masing akan lebih bagus lagi kita menguasai salah satu dari semua masakan khas daerah yang ada di indonesia ini.

Baca Juga: 11 Resep Masakn Sederahan sehari-hari untuk dirumah

tips buat anda bagi pemula yang sedang belajar memasak, sebaiknya anda harus di dampingi terlebih dahulu oleh orang yang sudah alhi memasak, seperti ibu anda, mertua anda atau tetangga anda yang penting bisa memasak dengan baik, namun jika anda memang ingin sedikit mandiri anda juga boleh mencobanya dirumah sendiri dengan catatan resep yang  telah ada jangan anda campurkan dengan baihan lainya agar mendapatkan hasil yang sempurna, namun jika anda sudah pintar memasak anda bisa menambahkan dengan bahan lainya yang cocok dengan  masakan jawa tersebut sesuai selera anda.