Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang Dengan Sempurna

Cara Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang Dengan Sempurna Dan Tidak Bantat - Sering kali tiap perayaan hari-hari tertentu dan pesta kaum wanita selalu membuat kue bolu sebagai tambahan kue-kue kering yang ada untuk di hidangkan pada tamu maupun keluaraga. bagi yang telah pakar dan pintar membuat kueh bolu akan tahu kapan adonan sudah mengembang dengan sempurna dan siap di tambah tepung dan bumbu lainnya, dan tahu kapan juga adonan matang sempurna.

Namun masih banyak orang-orang yang kecewa dengan hasil yang mereka dapatkan karena bolu yang dibuat tidaklah sempurna seperti yang mereka inginkan, saat tahap pembuatan bolu memang terlihat mengmbang namunsaat di panggang ternyata bolu malah mengeras seperti kayu, namun jangan merasa anda tidak bisa melakukannya di kemudian hari, mungkin dengan Cara Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang Dengan Sempurna di bawah ini akan membantu anda membuat bolu dengan sempurna.

1. Telur
Anda juga harus perhatikan saat mengocok telur, kocokan telur akan membuat bolu anda juga bisa tidak mengembang sempurna jika salah dalam mengolahnya:
Gunakan telur bersuhu ruang.
Pastikan pengocok mixer dan peralatan lain seperti spatula benar-benar kering.
Jika telur belum mengembang sempurna, jangan campur dengan air, minyak, mentega atau tepung.
4 butir telur akan mengembang sempurna setelah dikocok selama kurang lebih 15 menit dengan kecepatan tinggi.

Baca JugaResep dan Cara Membuat kue Talam cokelat paling enak


Cara Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang Dengan Sempurna

Cara Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang Dengan Sempurna

Beberapa resep bolu (biasanya yang menggunakan mentega kocok) mensyaratkan pemisahan pengocokan kuning telur dan putih telur. Untuk mengetahui apakah putih telur sudah mengembang sempurna, balikkan wadah berisi putih telur yang telah dikocok. Jika adonan tidak tumpah, berarti putih telur sudah terkocok sempurna dan siap untuk dicampur dengan bahan lain.

2. Tepung Terigu
Terigu yang basah akan menyebabkan adonan menggumpal dan tidak bisa mengembang dengan baik saat dipanggang. Sebelum dipakai, sebaiknya terigu dijemur dan diayak terlebih dahulu. alangkah lebih baik bila tepung tidak di simpan di dalam kulkas. sehingga tepung yang digunakan lebih kering terlebih dahulu.

3. Oven
Sebelum anda mulai mengocok telur, nyalakan oven terlebih dahulu. Jadi, ketika adonan telah jadi, bisa langsung dimasukkan ke oven yang telah panas. Jika dibiarkan terlalu lama (tidak langsung masuk oven), adonan akan turun sehingga kue bolu menjadi bantat atau bisa tidak mengembang secara sempurna.

Baca JugaResep Cara Membuat Risoles Ragout Ayam Gurih

Suhu oven untuk memanggang bolu adalah sekitar 180 derajat celcius. Pastikan suhu yang tepat, agar bolu mengembang dengan sempurna. Untuk hal yang satu ini, memang perlu dilakukan tes oven beberapa kali untuk mengetahui perilaku oven. Jangan terlalu sering membuka-tutup(Pintu) oven, karena panas oven akan keluar menyebabkan penurunan suhu sehingga adonan yang akan mengembang kembali turun.

 4. Gunakan SP28 (Sponge 28)
Gunakan Sponge (SP28) setengah sendok teh, gunanya adalah membuat teksture adonan lebih khalis, sehingga tidak ada gelembung yang besar yang dapat membuat bolu berlubang halus dan lembut, juga membuat adonan tidak turun bila di diamkan, angkat Mixer, bila telah terbentuk kerucut pada sisa adonan di mixer (dengan ujung adonan kerucut dan tidak melengkung) maka adonan siap di tambahin bahan lain seperti tepung, susu, mentega cair dan lai-lain.

Itulah Cara Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang Dengan Sempurna semoga dengan cara diatas anda tidah khawatir bolu buatan anda akan bantat, sehingga kue bolu anda akan tampil sempurna di acara pesta atau santapan untuk keluarga di rumah.

Baca JugaResep dan Cara Membuat Onde onde Isi Gula Merah Praktis dan sederhana